Linux Kernel

Dalam kesempatan kali ini, saya akan membahas sebuah video dari YouTube yang berjudul Linux Kernel Module Programming - 01. Video ini memiliki durasi 8 menit 35 detik, dan diunggah pada tanggal 15 Mei 2012 oleh SolidusCode. Sejak pertama kali diunggah hingga saat ulasan ini dibuat, video ini telah memperoleh sejumlah 162.916 views. 

Video ini menjelaskan bahwa linux kernel merupakan sebuah interface yang menghubungkan user dengan komputer. User tidak harus mempelajari bahasa assembly untuk berhasil "berkomunikasi" dengan beberapa hardware di dalam komputer. Setelah itu, video ini pun membahas struktur kernel, yang menunjukkan bahwa user space dan shell membuat request terhadap kernel (seperti, misalnya, mengambil informasi dari keyboard) dan kemudian kernel mengantarkan perintah ini ke hardware. Video juga membahas konten dari linux kernel dan fungsi-fungsinya, yaitu process scheduler, memory manager, I/O scheduler, IPC, dan network service. 

Kernel dijalankan melalui privileged mode, dan memiliki akses terhadap setiap aspek komputer di setiap waktu, akses full-ranged memory, dan akses terhadap seluruh hardware. Berbeda dengan user space yang tidak memiliki akses terhadap segala hal tersebut. Video kemudian menjelaskan bagaimana cara untuk mengetahui versi kernel yang kalian gunakan. Video pun diakhiri sehabis arti dari serial kernel dijelaskan.

Informasi:
Github Account: nabilafakhirah
URL Ulasan: https://nabilafakhirah.blogspot.com/2017/12/linux-kernel.html
URL Video: https://youtu.be/-O6GsrmOUgY (8 menit 35 detik)
Video author: SolidusCode
Pemetaan: Week00
Revisi Pertama; 2 Desember 2017
Revisi Terakhir: 2 Desember 2017

Comments

Popular Posts